You need to enable javaScript to run this app.

PT. MICRO MADANI INSTITUT MENGADAKAN TRAINING PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN STAF SMKN 1 GOWA KERJA

PT. MICRO MADANI INSTITUT MENGADAKAN TRAINING PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN STAF SMKN 1 GOWA KERJA

Micro Madani Institut Adalah merupakan Perusahaan Afiliasi dari PT. PNM (Persero) yang bergerak dalam bidang Pelatihan, Sertifikasi, Rekrutmen dan pengelolaan SDM.Hari ini Kamis tanggal 21 Juli 2022 mengadakan 3 jenis Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Staf SMKN 1 Gowa yang dilaksanakan secara bersamaan dibagi kedalam 3 kelompok dan tempat yang berbeda.

Adapun Ketiga jenis pelatihan yang diadakan adalah

  1. Pelatihan Pelaporan MS.Excel
  2. Pelatihan Pembuatan MS.Power Point
  3. Pelatihan Public Speaking

Kegiatan ini direspon sangat baik oleh guru dan staf SMKN 1 Gowa, terbukti kehadiran dan partisipasi dari peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Pentingnya kemampuan public speaking bagi seorang guru. Guru sebagai tenaga pendidik dan menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter siswa, perlu menguasai kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking. Hal ini dirasa penting, agar segala ilmu dan informasi yang disampaikan kepada siswa, dapat terserap dengan maksimal.

Kegiatan ini diinisasi oleh PT. Permodalan Nasional Madani PNM (Persero) , dan difasilitasi oleh kepala sekolah SMKN 1 Gowa dengan menghadirkan Khairil Muhammad Anwar, seorang trainer public speaking

Dia mengatakan, kemampuan public speaking bukan sekedar hanya berani bicara di depan umum. Namun lebih dari itu, public speaking dapat dijadikan sebagai salah satu penentu ketercapaian tujuan seseorang.

“Guru, sebagai pendidik dan penyampai materi pembelajaran, perlu juga memiliki pengetahuan tentang public speaking. Agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan diterima dengan sukses oleh peserta didik,” katanya dalam rilis yang diterima.

Sementara itu, Muchlis Jufri, S.Pd, selaku salah seorang yang ikut pada pelatihan Public Speaking tersebut menyampaikan pentingnya public speaking bagi pengembangan diri seseorang. Kemampuan public speaking juga dapat menjadi kunci sukses seseorang.

“Setiap guru yang mengajar, telah memiliki dasar kemampuan public speaking. Namun terkadang, keahliannya tersebut belum terarah dan kurang maksimal. Untuk itu, perlu adanya pengarahan lebih lanjut agar kemampuan public speaking dapat dimaksimalkan sedemikian rupa,” ungkapnya.

“Ada lima alasan pentingnya public speaking yakni pertama meningkatkan rasa percaya diri, kedua mudah bergaul dengan banyak orang. Lalu ketiga menjadi pribadi yang menarik, keempat mampu berpikir kritis dan terakhir memiliki kemampuan untuk memimpin,” paparnya.

Kemampuan public speaking, lanjutnya, memiliki banyak manfaat bagi setiap orang yang memiliki ilmunya dan mampu mengaplikasikannya dengan optimal.

“Guru sebagai pendidik, perlu untuk menguasai ilmu public speaking ini agar dalam mengajak dan mengarahkan peserta didik, tidak lagi membosankan juga menakutkan. Dengan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni tentang public speaking, diharapkan guru mampu mendidik dengan cara yang menyenangkan,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Drs. Imanuddin Djaya, M.Pd, selaku kepala sekolah SMKN 1 Gowa menyebutkan, kegiatan ini mampu mendorong semangat guru untuk menghadirkan cara pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta mampu membawa peserta didik menjadi generasi yang unggul dan berkualitas.

“Dengan kompetensi yang didapatkan ini, maka kami berharap adanya pelatihan public speaking ini, membuat guru pengajar dapat lebih menguasai peserta didik. Sehingga informasi yang diberikan dapat terserap dengan baik,” tutupnya.

 

Bagikan artikel ini:
Muchlis Jufri, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Puji syukur dan limpahan rahmat kasih sayang Allah SWT atas hadirnya website SMK Negeri 1 Gowa...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan website sekolah saat ini

Hasil
Banner